Sunday, November 15, 2009

kasus j-co

KASUS PENJIPLAKAN J-CO donuts&coffe

kasus penjiplakan , peniruan dari produk donat J.Co donut & coffee. Baik konsep, desain, sampai seragam petugasnya ada tiruannya di Malaysia .

Nama brand nya adalah BIG APPLE donuts & coffee .

Konsep, desain dan warnanya sangat persis jiplakan dari J.CO donuts & coffee yang asli berasal dari Indonesia, J.Co yang beberapa tahun sudah lebih dulu ada.

Berikut ini klarifikasi dari pihak J.CO asli Indonesia asli apakah Big Apple donuts & coffee Malasyia merupakan franchisee (pembeli franchise), cabang dari J.CO atau bukan.

Glazze Siang

Salam hangat dari JCO Donuts & Coffee

Pertama-tama, terima kasih banyak atas perhatiannya dan informasi kepada kami

Karena kita membuka outlet pertama pada 26 Juni 2005, kami tidak pernah membuka cabang menggunakan nama lain dari J. CO Donuts & Coffee. Sekarang kita beroperasi 22 toko di seluruh Indonesia. Dengan kata lain, Big Apple Donuts & Coffee adalah bukan anggota dari J. CO Donuts & Coffee perusahaan. The real J. CO Donuts & Coffee menggunakan bahan-bahan berkualitas premium pertama dari seluruh dunia, seperti Almond dari California; Dark Chocolate dari Belgia; Keju dari Selandia Baru; Macha Green Tea from Japan; dan 100% Arabica Coffee yang dipanggang dengan sempurna dalam Italia.

Mengenai permintaan Anda dan lain J. CO Donuts & Coffee pelanggan di Malaysia terutama Kuala Lumpur, kami akan membuka cabang di Kuala Lumpur segera.

Mudah-mudahan J. CO Donuts & Coffee selalu bisa menjadi favorit Anda donat & kopi. Terima kasih banyak atas waktu .

Apel besar adalah pengikut Jco … tak diragukan lagi .. menjadi kreatif dude, Anda mencuri ide-ide kita, dan membuat Anda sendiri copy-manis-stuff .. soooo nasty tetangga …

* Betapa menyedihkan. semuanya apel besar telah ada sooo J.Co. oleh semuanya, i mean EVERYTHING. hey disalin. mereka berbohong. bettter mempersiapkan diri untuk digugat. J. Co aturan!

* Wtf …. donat apel besar ini benar-benar s.u.c.k.s. mereka menyalin J. Co dari logo, seragam, x-banner, bahkan donat itu sendiri. melakukan pemilik dapat lebih kreatif atau apa?? i bertaruh hanya pemilik tolol

* Damn, malaysia bahkan menyalin produk donat dari Indonesia setelah mengambil hak paten tempe, angklung, batik, dan rendang. dont u guys memiliki orisinalitas

* Tidak siap berdebat yah?? kok banyak post yang ilang?? pada dasarnya orang Indonesia tidak benci kepada pribadi teman2 di malay, hanya mengapa sifat ketidak terbukaan, dan keadilan itu tidak dilakukan, semisal memang ingin mengcopy itu tidak masalah, toh dalam prinsip bisnis itu juga dikenal, Amati, tiru dan MODIFIKASI, tetapi kl Meniru 99.999 % itu namanya bukan kreatif, tetapi pembodohan terhadap diri sendiri. saya yakin banyak orang malaysia yang pinter2 dan mampu membuat merek yang lebih baik dari buatan Indonesia, Ayo ga semua orang malaysia itu plagiator kan??? Pikirkan Pertama Make It Real Nanti!!!

> tukar

Saran

* Tidak siap berdebat yah ?? kok banyak post yang ilang ?? pada dasarnya orang Indonesia tidak benci kepada pribadi teman2 di Malay, hanya mengapa sifat ketidak terbukaan, dan fairness itu tidak dilakukan, semisal memang ingin mengcopy itu tidak masalah, toh dalam prinsip bisnis itu juga dikenal, AMATI, TIRU dan MODIFIKASI, tetapi kl meniru 99,999 % itu namanya bukan kreatif, tetapi pembodohan terhadap diri sendiri. saya yakin banyak orang malaysia yang pinter2 dan mampu membuat brand yang lebih baik dari buatan Indonesia, C’mon ga semua orang malaysia itu plagiator kan ??? Think First Make It Real Later !!!

*J.Co donut bajakan ???Selagi blogwalking di blognya temenku yang orang Malaysia, tiba2 aku melihat ada foto2 J.Co donuts di sana. Kaget juga pas pertama ngeliatnya, soalnya kalo gak salah J.Co donuts kan belum difranchise-in di luar negeri. Setelah menelusuri artikel asalnya, ternyata malah jadi lebih kaget lagi, soalnya bukannya ketemu J.Co donuts, eh malah tau2nya jad Big Apple donuts :S :S… Silahkan saja lihat gambar promo pembukaan toko mereka di bawah ini. Bener2 swt deh… mana logonya mirip lagi Ternyata donut2nya, logo2nya, konsep2nya, sampe tata restaurantnya bener2 mirip. Bikin jengkel juga sih kalo donut kebanggan kita bersama jadi dibajak sama Malaysia gini. Setiap kali ada yang pulang ke Indo pasti dititipinnya J.Co donut. Jadi inget waktu aku bersusah payah berjuang menembus imigrasi

Analisis :

pada awal berdiri nya j-co tidak memeliki franchaise di luar negeri , hanya ada di indonesia saja , tetapi baru berencan untuk membuka freanchaise di kuala lumpur malaysia , setelah di survei ternyata ditemukan gerai donuts&coffee yang mulai dari desain sampai menu tidak ada bedanya dengan J-CO donouts&coffee di indonesia , hanya dibedakan dari segi nama yaitu BIG APPLE .

sifat ketidak terbukaan, dan fairness negara malaysia itu tidak dilakukan, misalnya memang ingin mengcopy itu tidak masalah, bila dalam prinsip bisnis itu juga dikenal, AMATI, TIRU dan MODIFIKASI, tetapi kalau meniru 99,999 % itu namanya bukan kreatif, tetapi pembodohan terhadap diri sendiri. kami yakin banyak orang malaysia yang pintar dan mampu membuat brand yang lebih baik dari buatan Indonesia .

No comments:

Post a Comment